Friday 8 January 2016

Trip to kawasan wisata mandeh

Sebenarnya jalan-jalan ini diadakan untuk memperingati hari guru.. Tapi karena beberapa hal waktunya diundur jadi hari senin tanggal 14 desember 2015, tepat setelah ujian semester ganjil berakhir.
Trip di mulai dengan berangkat dari lapangan imam bonjol Padang jam 08.00 Wib menggunakan satu bus pariwisata, menuju TPI Tarusan, Pesisir Selatan. Perjalanan memakan waktu lebih kurang 1 jam 30 menit. Seperti biasa,dalam perjalanan tidak pernah lupa dengan berbagai pose narsis :)

Sesampainya d TPI tarusan kami membeli nasi bungkus untuk bekal makan siang. Tapi karena daerah ini masih berupa perkampungan, hanya sedikit pilihan. So.. untuk selanjutnya kalau mau kesini lagi harus membawa bekal dari rumah :D
Ada dua jenis wisata yang bisa dipulih di sini, yaitu ke wisata ke puncak mandeh atau ke pulau. Nah.. karena saat itu jalan ke puncak sedang di perbaiki sehingga bus tidak bisa lewat, kami pun memilih wisata ke pulau.
Dengan menyewa 2 perahu nelayan,  tour pun di mulai.. Harga sewa perahu ini cukup murah, 500ribu untuk satu perahu dengan kapasitas 15 orang.

Tujuan pertama adalah pulau sultan. Kenapa namanya pulau sultan ya? Menurut pemilik perahu karena pulau ini dulu adalah kepunyaan seorang sultan. Tapi pulau ini lebih dikenal dengan pulau setan. Jauh banget ya melesetnya :(
Setelah berperahu sekitar 30 menit, sampai lah kita di pulau setan ini. Kesan pertama? Amazing :D. Serasa berasa d pulau pribadi. Pulau yang masih sepi, suara ombak yang tenang, airnya yang jernih kebiruan, dan pasirnya yang lembut benar-benar membuat semua lelah terlupakan.
Tujuan kedua adalah pulau cubadak atau cubadak island. Pulau ini tidak kalah indahnya dengan pulau setan.  Bahkan di pulau ini sudah terdapat cottage dan sudah dikelola dengan baik. Tapi kita tidak bisa singgah ke pulau ini?  lho? Kenapa? Yah begituah.. Karena pulau ini dikelola oleh orang asing, jadi untuk bisa singgah ke pulau ini kita harus reservasi dulu. Katanya sich untuk menginap di pulau ini kita harus merogoh kocek sekitar 1,5juta untuk satu malam per orang. Tapi tenang, itu sudah include makan dan paket tour nya. Eh, katanya lagi menginap di sana minimal 2 malam. Lumayan juga ya.. Hehe..

Nah..karena kita ga bisa singgah jadi cuma bisa melihat dan mengintip dari kejauhan :D
Tujuan selanjutnya adalah bukit batu karang. Batu nya yang eksotis dan airnya yang kehijauan, satu lagi anugerah Allah buat kita.
Di sini kita bisa mendaki batu karang nya dengan tali, kemudian terjun bebas nyebur ke air yang sejuk.
Tujuan terakhir adalah kita hutan bakau. Dengan pohon dan air berwarna hijau, such a wonderful.  
Dan kejutannya, di balik hutan bakau ini ada air terjun dengan bebatuan yang eksotik. Rasanya pengen langsung nyebur dan main air. 

Tapi sayang, di sini ga ada tempat ganti bajunya ;(. Jadi untuk ganti baju harus nunggu dulu nyampe di TPI Tarusan, dan itupun harus numpang di rumah warga..hiks..
Perjalanan diakhiri dengan makan malam d warung kito. Setelah itu kembali ke rumah masing-masing. 
Kawasan mandeh recommended banget untuk melepas stress setelah sibuk dengan aktivitas sehari-hari :)

2 comments: