Saturday 30 January 2016

Sudahkah Anda Tersenyum Hari Ini?




Seperti kita ketahui, senyum adalah ibadah.
Rasulullah Saw bersabda: ‘’ Senyummu di depan saudaramu adalah sedekah.” (HR. At Tirmidzi)
Saat bertemu dengan seseorang, jika kita memberikan senyum yang berangkat dari ketulusan hati, maka itu akan dihitanug sebagai sedekah dan mendapatkan pahala dari Allah SWT.
Ternyata anjuran untuk tersenyum itu bukan tanpa alasan, karena ada banyak manfaat tersenyum bagi kesehatan, antara lain:
1.       Meningkatkan kekebalan tubuh
Tersenyum dapat membuat system kekebalan tubuh seseorang bekerja dengan baik. Saat seserorang tersenyum, maka system imun akan meningkat, yang membuat seseorang merasa lebih rileks dan dapat mencegah penyakit seeperti flu dan pilek
2.       Mengurangi rasa sakit
Studi membuktikan bahwa tersenyum bisa melepaskan endorphin.  Senyawa endorphin merupakan senyawa yang dapat mengurangi rasa sakit pada tubuh secara alami. Sehingga, jika seseorang biasa tersenyum akan merasa lebih baik dengan rasa sakit yang di deritanya.
3.       Mencegah stress
Selain endorphin, pada saat seseorang tersenyum  tubuh juga akan memproduksi seretonin. Di dalam otak, serotonin berfungsi untuk mempengaruhi mood/ perasaan seseorang. Jika kadar serotonin di dalam otak berkurang, maka seseorang akan sering merasa tidak nyaman, gampang tersulut emosi, dan rentan terhadap stress. Dengan banyak tersenyum dapat membuat mood menjadi lebih baik, dan mencegah stress.
4.       Menurunkan tekanan darah
Dengan tersenyum, kondisi tubuh menjadi lebih rileks dan tenang. Sehingga membuat tekanan darah menjadi stabil.
5.       Menjadikan wajah tampak awet muda
Saat seseorang tersenyum melibatkan otot-otot wajah untuk bergerak. Melatih otot untuk bergerak dapat mengencangkan kembali otot-otot tersebut. Artinya, jika kita melatih otot wajah secara teratur, kita dapat menjaga dan kebugaran dan kekencangan wajah. Jadi, tersenyum merupakan senam wajah yang mudah dan murah.
Tersenyum juga dapat memicu produksi hormone somatropin, yang berfungsi meregenerasi dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Semakin banyak hormon ini disekresi, semakin tinggi kemampuan tubuh meregenerasi sel tubuh yang rusak, sehingga dapat menjaga kondisi tubuh awet muda secara alami.
6.       Menjaga stamina
Seseorang yang selalu tersenyum akan membuat stamina lebih prima, sehingga dapat melakukan pekerjaan dengan baik. Sebaliknya, seseorang yang cemberut akan menurunkan stamina dan membuat malas melakukan pekerjaan apapun.

Nah.. itulah beberapa manfaat tersenyum bagi kesehatan. So.. sudahkah anda tersenyum hari ini??? :)

No comments:

Post a Comment