Sunday 21 February 2016

Mengatasi Memory Internal Sony Xperia L Penuh Padahal Tidak Install Banyak Aplikasi


Pernah mengalami memory Sony Xperia L penuh padahal tidak install banyak aplikasi? Beberapa waktu lalu saya mengalaminya. Sudah dilakukan berbagai cara untuk mengurangi kapasitas memory tersebut, mulai dari menghapus chace, uninstall beberapa aplikasi bahkan menghapus sebagian besar foto dan video. Tetapi hasilnya tetap nihil, memory interna hp saya tetap saja penuh.
 
Setelah ditelusuri lebih lanjut, yang membuat memory internal cepat penuh adalah folder .thumbnails. Folder .thumbnails adalah folder yang terletak di folder DCIM pada memory internal smartphone android. Folder ini berfungsi untuk mengopy file gambar kita dalam ukuran dalam resolusi kecil sehingga saat membuka photo viewer loadingnya akan semakin cepat. Jadi, semakin lama masa photo viewer yang kita buka semakin besar pula kapasitas memori yang dihasilkan oleh folder .thumbnails.

Nah… solusi agar memory internal Sony Xperia L tidak penuh lagi adalah dengan menghapus folder .thumbnails tersebut.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1.  Buka aplikasi ES explorer
Tampilkan file dan folder yang tersembunyi, dengan cara pilih “Pilihan Folder” Kemudian centang option “Tampilkan File Tersembunyi”
  

1.  Buka folder DCIM, kemudian pilih dan hapus folder  .thumbnails

2.  Tambahkan File Baru dengan nama yang sama persis seperti folder yang kita hapus. Ingat ya, tambahkan FILE bukan folder.

Nah.. inilah kapasitas memory internal setelah folder .thumbnails dihapus



2 comments:

  1. Makasih.. Tapi ndak bisa bikin file baru... Bisanya folder

    ReplyDelete